TUPOKSI

Tugas pokok dan fungsi pejabat Struktural Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Tapin tercantum dalam peraturan Bupati Tapin Nomor 06 Tahun 2009 tentang Uraian, Tugas Dan Tata Kerja Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Tapin, dapat dijabarkan sebagai berikut :

a.     Kepala Kantor :

Kepala Kantor mempunyai tugas membantu dan memberikan dukungan kepada Bupati dalam menyelenggarakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah dibidang pelayanan perijinan terpadu berdasarkan pelimpahan Kewenangan yang berlaku.

Adapun Uraian tugas tersebut sebagai berikut :
 

  • Merumuskan Kebijakan teknis dibidang pelayanan perijinan terpdau sesuai dengan Kebijakan yang ditetapkan oleh Bupati berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  • Merumuskan, dan mengkoordinasikan, kegiatan penyusunan program kerja dan anggaran Kantor.
  • Melaksanakan, Mengkoordinasikan memantau dan mengevaluasi pelayanan perijinan bidang perekonomian;
  • Melaksanakan, Mengkoordinasikan memantau dan mengevaluasi pelayanan perijinan Bidang Kesejahteraan Rakyat;
  • Melaksanakan, Mengkoordinasikan memantau dan mengevaluasi pelayanan perijinan bidang, pembangunan;
  • Melaksanakan, Mengkoordinasikan memantau dan mengevaluasi pelayanan perijinan bidang pemerintahan dan lain-lain:
  • Melaksanakan pelayanan administratif dan pengelolaan Kegiatan Ketatausahaan; dan
  • Melaksanakan  Tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai bidang tugas.

b.      Sub Bagian Tata Usaha :

Sub bagian Tata Usaha mempunyai tugas mengkoordinasikan, menyiapkan bahan dan melaksanakan penyusunan program dan rencana kegiatan, mengelola urusan ketatausahaan , administrasi  Kepegawaian, rumah tangga, perlengkapan, Keuangan dan Pelaporan.

Adapun uraian tugas tersebut sebagai berikut :

  • Mengkoordinasikan, menyimpan bahan dan melaksanakan urusan surat menyurat,  pengetikan, penggandaan, kearsipan, pemeliharaan dan akusisi arsip.
  • Mengkoordinasikan ,Menyiapkan bahan dan melaksanakan pelayanan administrasi perjalanan dinas,akomodasi tamu, Keprotokolan dan hubungan Masyarakat;
  • Mengkoordinasikan, Menyiapkan bahan dan melaksanakan pembinaan  organisasi dan tatalaksana berkenan dengan urian tugas, informasi jabatan ,sistim dan prosedur kerja.
  • Mengkoordinasikan, Menyiapkan bahan dan melaksanakan pembinaan Pegawai meliputi disiplin, Pengawasan Melekat Kesejahteraan Pegawai, pendidikan dan pelatihan , pemberian tanda jasa dan kedudukan, Hukum pegawai  ;
  • Mengkoordinasikan ,Menyiapkan bahan dan melaksanakaan penataan administrasi kepegawaian meliputi, bezetting, formasi, daftar urut kepegawaian , dokumentasi Berkas Kepegawaian, absensi, dan cuti pegawai : membina pegawai meliputi disiplin Pengawasan melekat, kesejahteraan pegawai, pendidikan dan pelatihan, pemberian tanda jasa dan kedudukan hukum pegawai.
  • Mengkoordinasikan ,menyiapkan bahan dan melaksanakan  penyusun rencana kebutuhan Barang, Pengadaan, distribusi, Pemeliharaan dan koordinasi penghapusan  perlengkapan dinas serta fasilitas lainnya.
  • Mengkoordinasikan ,menyiapkan bahan dan melaksanakan urusan rumah tangga berkenan dengan pengawasaan dan pemeliharaan gedung, kendaraan dinas, rumah jabatan, penerangan, Kebersihan dan keamanan lingkungan Kantor.
  • Mengkoordinasikan ,menyiapkan bahan dan melaksanakan penyusunan rencana strategis.
  • Mengkoordinasikan ,menyiapkan bahan dan melaksanakan penyusunan rencana kerja dan rencana kinerja yang meliputi program,kegiatan ,beserta indikatornya,serta anggaran pelaksanaannya.
  • Mengkoordinasikan ,menyiapkan bahan dan melaksanakan  pemantauan pelaksanaan program dan kegiatan
  • Mengkoordinasikan ,menyiapkan bahan dan melaksanakan pengolahan Laporan realisasi program dan kegiatan
  • Mengkoordinasikan ,menyiapkan bahan dan melaksanakan pembuatan rencana anggaran dan perubahan anggaran kegiatan
  • Mengkoordinasikan ,menyiapkan bahan dan melaksanakan tindak lanjut laporan hasil pemeriksaan serta laporan pelaksanaan anggaran serta memelihara arsip administrasi keuangan
  • Mengkoordinasikan ,menyiapkan bahan dan melaksanakan  evaluasi realisasi pendapatan dan belanja untuk keperluan perencanaan tahun anggaraan yang akan datang.
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atas sesuai bidang  tugas;

c.      Seksi Perekonomian:

Seksi Perekonomian mempunyai tugas menyiapkan bahan,mengkoordinasikan dan melaksanakan dan mengendalikan pelayanaan perijinan dibidang perekonomian .

Adapun Uraian tugas sebagai berikut ;

  • Menyiapkan bahan,mengkoordinasikan,dan melaksanakaan pengelolaan data pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan pelayanan perijinan dibidang perekonomian
  • Menyiapkan bahan,mengkoordinasikan,dan melaksanakan penyusunan petunjuk teknis serta melaksanakan koordinasi penyelnggaraan pelayanan perijinan di bidang perekonomian
  • Menyiapkan bahan,mengkoordinasikan,dan melaksanakan  pengelolaan laporan serta memelihara arsip pelaksanaan  koordinasi penyelenggaraan pelayanaan serta memelihara arsip pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan pelayanaan perijinan dibidang perekonomian
  • Menyiapkan bahan,mengkoordinasikan,dan melaksanakaan evaluasi  dan analisa terhadap pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan pelayanan perijinan dibidang perekonomian
  • Menyiapkan bahan,mengkoordinasikan,dan melaksanakaan pengelolaan laporan serta memelihara arsip pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan pelayanan perijinan dibidang perekonomian
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang  tugasnya.

d.      Seksi  Kesejahteraan Rakyat :

Seksi Kesejahteraan Rakyat mempunyai tugas menyiapkan bahan,mengkoordinasikan ,melaksanakan , dan mengendalikan pelayanan perijinan di bidang kesejahteraan rakyat.

Adapun uraian tugas sebagai berikut:

  • Menyiapkan bahan, mengkoordinasikan  dan melaksanakaan pengolahaan  data pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan  pelayanan perijinan dikesejahteraan rakyat;
  • Menyiapkan bahan,mengkoordinasikan  dan melaksanakaan penyusunan petunjuk teknis serta melaksanakaan  koordinasi penyelenggaraan pelayanaan perijinan dibidang kesejahteraan rakyat
  • Menyiapkan bahan,mengkoordinasikan  dan melaksanakaan pengolahan  laporan serta memelihara arsip pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan  pelayanan perijinan dibidang kesejahteraan rakyat
  • Menyiapkan bahan,mengkoordinasikan  dan melaksanakaan evaluasi dan analisa terhadap pelaksanaan koordinasi   penyelenggaraan pelayanan perijinan dibidang kesejahteraan rakyat;
  • Menyiapkan bahan,mengkoordinasikan  dan melaksanakaan pengolahan  laporan serta memelihara arsip pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan  pelayanan perijinan dibidang kesejahteraan rakyat;
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang  tugasnya.

e.      Seksi Pembangunan :

Seksi pembangunan mempunyai tugas menyiapkan bahan, mengkoordinasikan ,melaksanakaan  dan mengendalikan pelayanan perijinan di bidang pembangunan .

Adapun Uraian Tugas sebagai Berikut :

  • Menyiapkan bahan,Mengkoordinasikan dan melaksanakan  pengolahan data pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan pelayanan perijinan dibidang pembangunan;
  • Menyiapkan bahan,Mengkoordinasikan dan melaksanakan penyusunan petunjuk teknis serta melaksanakaan  koordinasi penyelenggaraan pelayanan perijinan dibidang pembangunan ;
  • Menyiapkan bahan,mengkoordinasikan dan melaksanakan pengolahan laporan serta memelihara arsip pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan pelayanan perijinan dibidang pembangunan ;
  • Menyiapkan bahan,Mengkoordinasikan dan melaksanakan evaluasi dan analisa terhadap pelaksanaan koordinasi  penyelenggaraan pelayanan perijinan di bidang pembangunan ;
  • Menyiapkan bahan,mengkoordinasikan dan melaksanakan pengolahan laporan serta memelihara arsip pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan pelayanan perijinan dibidang pembangunan ;
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang  tugasnya.